Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Pada Terna 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Kelas IV SD

Oktavia, Mike (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Pada Terna 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MIKE_OKTAVIA_17129359_6859_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan yang ditemukan dilapangan bahwa penggunaan media pembelajaran konvensional yang masih banyak ditemukan dan media konvensional, karena masih belum meratanya guru dalam menggunakan media pembelajaran berbantuan teknologi untuk dapat menciptakan suatu pembaruan dengan adanya bantuan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan multimedia interaktif pada tema 3 untuk siswa kelas IV SD dengan konteks multimedia interaktif berbantuan Lectora Inspire. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. tahapan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Pemcangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data menggunakanlembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, validasi ahli kebahasaan, dan validasi ahli media. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angekt respon siswa. Subjek uji coba pada penelitian ini sebanyak 56 orang siswa dan 3 orang guru di kelas N SekolahDasar. Hasil penelitian pengembangan multimedia interaktif berbantuan software Lectora inspire pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup mendapatkan rata-rata tingkat kevalidan dari tiga validator secara keseluruhan adalah 93,33% dalam kategori "sangat valid". Sedangkan hasil uji kepraktisan guru Kelas IV SDN 11 Tanjung Barulak yaitu 91,66% kategori sangat praktis, dan angket kepraktisan respon siswa yaitu 89,94% kategori sangat praktis. Sementara itu berdasarkan respon guru Kelas IV SDN 14 Tanjung Barulak yaitu 91,66% kategori sangat praktis, dan angket kepraktisan respon siswa yaitu 96,38% kategori sangat praktis, dan untuk hasil uji kepraktisan guru Kelas IV SDN 02 Tanjung Barulak yaitu 87,50% kategori sangat praktis, dan angket kepraktisan respon siswa yaitu 90,55% kategori sangat praktis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membuat siswa lebih memahami materi yang di sampaikan guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan software Lectora Inspire pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup untuk Kelas IV SD telah dinyatakan valid dan praktis sehingga layak untuk diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:04
Last Modified: 24 Jan 2024 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50017

Actions (login required)

View Item View Item