Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN 45 Ganting Kabupaten Pesisir Selatan

Mulyani, Maya (2023) Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN 45 Ganting Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MAYA_MULYANI_19129259_5675_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah dalam proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V sekolah dasar. Dimana hasil belajar yang diharapkan belum tercapai dengan persentase ketuntasan kelas ideal yaitu 70%. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas sebagai observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas V sebanyak 16 orang yang terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan RPP, hasil pengamatan pembelajaran tematik terpadu, dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 86, 11 % dengan kualifikasi (B) meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 97,22% dengan kualifikasi (SB). Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, persentase untuk pengamatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 80,35% dengan kualifikasi (B) meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 92,85% dengan kualifikasi (SB). Pada hasil pengamatan akitivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 80,35% dengan kualifikasi (B) meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 92,85% dengan kualifikasi (SB). Hasil belajar peserta didik pada penelitian ini untuk siklus I memperoleh rata-rata 73,96 meningkat di siklus II menjadi rata-rata 84,41. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 45 Ganting Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:04
Last Modified: 24 Jan 2024 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50016

Actions (login required)

View Item View Item