Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dikelas V SDN 02 Jambak Kabupaten Pasaman.

Julvi, M. Alfida (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dikelas V SDN 02 Jambak Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_M_ ALFIDA_JULVI_19129310_7888_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang belum berpusat pada peserta didik, peserta didik belum termotivasi dalam mengasah kemampuan, dan hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan yaitu: (Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 16 orang. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning (PBL). Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II yaitu : ( 1) Penilaian rata-rata RPP siklus I pertemuan I adalah 78%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 89%, dan pada siklus II meningkat menjadi 94% (2) Penilaian rata-rata aspek guru siklus I pertemuan I adalah 78%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 89%, siklus II meningkat menjadi 96%. (3) penilaian rata- rata aspek peserta didik siklus I pertemuan I adalah 78%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 89% dan pada siklus II meningkat menjadi 96% (4) Penilaian rata-rata hasil belajar siklus I pertemuan I adalah 74% siklus I pertemuan II meningkat menjadi 78%, dan siklus II meningkat menjadi 85%. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran TematikTerpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:56
Last Modified: 24 Jan 2024 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50014

Actions (login required)

View Item View Item