Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Read, Answer, Discus, Explain, Create (RADEC) di Kelas V SDN 10 Palak Aneh Kota Pariaman

Roza, Elvira (2023) Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Read, Answer, Discus, Explain, Create (RADEC) di Kelas V SDN 10 Palak Aneh Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ELVIRA_ROZA_19129110_4836_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 10 Palak Aneh Kota Pariaman masih kurang maksimal/ rendah. Salah satu penyebab permasalahan ini adalah karena kurang maksimalnya guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu, kurang maksimalnya peserta didik sebagai peran utama dalam pembelajaran, peserta didik kurang terampil dalam memahami informasi dari bacaan serta minimnya sumber belajar, serta peserta didik kurang mampu mengkomunikasikan hasil diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model RADEC di kelas V SDN 10 Palak Aneh Kota Pariaman. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik di kelas V. Pendekatakan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang diterapkan dengan empat tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta kegiatan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang hasil persentasenya yaitu : RPP siklus 1 memperoleh rata-rata persentase 85 % dengan kualifikasi Baik (B) serta pada siklus 2 memperoleh rata-rata persentase 97 ,40 % dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pada aspek pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru memperoleh rata-rata persentase 85,65 % dengan kualifikasi baik (B) dan pada siklus 2 diperoleh rata-rata persentase 96,4 dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Pada pelaksanaan pembelajaran dari aspek peserta didik memperoleh rata-rata persentase pada siklus 1 yaitu 85,65 % dan pada siklus II memperoleh 96,42 dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pada hasil belajar peserta didik di siklus 1 memperoleh rata-rata persentase yaitu 72, 1 dengan kualifikasi masih cukup (C) dan pada siklus II memperoleh 91,7 % dengan kualifikasi sangat baik (SB). Berdasarkan hasil peneltian yang diperolah maka diperoleh kesimpulan bahwa model RADEC dapat meningkatkan hasill belajar peserta didik pada pembelajaran temaitk terpadu di Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:54
Last Modified: 24 Jan 2024 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50007

Actions (login required)

View Item View Item