Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Self Directed Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Lin tau Buo.

Novita, Dian (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Self Directed Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Lin tau Buo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_DIAN_NOVITA_19129208_6799_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena peserta didik dalam proses pembelajaran kurang percaya diri dengan kemampuan diri sendiri dalam menerima pembelajaran, di lihat pada saat pembelajaran berlangsung guru menjelaskan mengenai sifat-sifat benda cair, padat, dan gas peserta didik mengamati materi pembelajaran. Setelah itu peserta didik menuliskan hasil pengamatanya dalam buku catatan pada setelah itu peserta didik mengerjakan evaluasi yang sudah disediakan oleh guru. Dalam poses mengerjakan evaluasi peserta didik tampak tidak percaya diri mengerjakan tugasnya, dapat dilihat peserta didik bertanya kepada teman atau guru ke depan kelas. Sehingga peserta didik tidak dapat belajar secara mandiri, memecahkan masalah, dan tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang tepat agar Self Directed Learning peserta didik dapat meningkat, salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian tru experimen design. Bentuk desain tru experimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only cantor/ design. Pengambilan data sampel dilakukan dengan teknik Probability Sampling dengan jenis Cluster Random Sampling, populasi terdiri dari beberapa Sekolah Dasar dalam satu Gugus II Kecamatan Lintau Buo, dan terpilih sebagai sampel adalah SDN 09 Taluak sebagai kelas eksperimen dan SDN 10 Tigo Jangko sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa angket Self Directed Learning yang terdiri 3 0 pemyataan. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas apabila data berdistribusi normal dan homogen berikutnya dilakukan uji-t, dimana di dapatkan nilai sig. (2-tailed) dari hasil uji-t nya sebesar 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap Self Directed Learning di kelas V Sekolah Dasar Gugus II Lintau Buo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:23
Last Modified: 24 Jan 2024 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50003

Actions (login required)

View Item View Item