Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Model Project Based Lerning di Kelas V SD Negeri 01 Badar Buat Kota Padang

Wulandari, Desi (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Model Project Based Lerning di Kelas V SD Negeri 01 Badar Buat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_DESI_WULANDARI_19129309_5975_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru saat proses pembelajaran menyampaikan materi pelajaran secara langsung, tidak inovatif melibatkan peserta didik dalam kerja project untuk mengkontruksikan pembelajarannya. Guru belum menerapkan model yang dapat merangsang peserta didik aktif dalam belaj ar dan menyelesaikan masalah, yaitu membuat karya/produk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan Model Project Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan pelaksanaan proses pembelajaran dengan model Project Based Learning dan hasil tindakan setelah proses pembelajaran berlangsung. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 22 orang peserta didik kelas V SD yang terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian siklus I aspek RPP mencapai persentase rata-rata 85% dengan kategori baik (B) meningkat menjadi 94% pada siklus II dengan kategori sangat baik (SB). Proses pembelajaran siklus I aktivitas guru mencapai persentase rata-rata 83% dengan kategori baik (B) meningkat menjadi 97% dengan kategori sangat baik (SB) pada siklus II. Aspek aktivitas peserta didik siklus 1 persentase rata-ratanya 81 % dengan kategori baik (B) meningkat menjadi 97% dengan kategori sangat baik (SB) pada siklus II. Hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-rata (skala 1-4) 3,26 dengan persentase ketuntasan 45% kategori kurang (K), meningkat menjadi 3,61 dengan persentase ketuntasan 91 % kategori sangat baik (SB) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkmal, Atika UlyaUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorAndika, RefionaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:21
Last Modified: 24 Jan 2024 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49998

Actions (login required)

View Item View Item