Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran TematikTerpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SDN 18 Lubuk Jantan Lintau

Monica, Delvi (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran TematikTerpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SDN 18 Lubuk Jantan Lintau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_DELVI_MONICA_17129309_6395_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat kepada guru. Guru yang kurang mengeorientasikan peserta didik berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga peserta didik kurang aktif dalam belajar karena menerima penyampaian materi dari guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Ke las IV SDN 18 Lubuk J antan Lin tau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Alur penelitian meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 18 lubuk jantan lintau. Instrumen penelitian adalah lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru dan lembar pengamatan aspek peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkata proses pembelajaran tematik terpadu siklus I dan siklus II. Pada siklus I yang mana rata-ratanya 77,77, pada RPP meningkat pada siklus II yang rata-ratanya 91,67, aktivitas guru pada siklus I menunjukkan hasil 82,3 dan lebih meningkat pada siklus II menjadi 91,3. Aktivitas belajar peserta didik siklus I menunjukkan hasil 80, 4 dan lebih meningkat pada siklus II menjadi 92,5. Dalam aspek pengetahuan dan keterampilan pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 76,1 dan lebih meningkat pada siklus II nilai rata-ratanya adalah 88,6. Dengan demikian model Problem Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran di SDN 18 Lubuk J antan Lintau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZaiyasni, ZaiyasniUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:11
Last Modified: 24 Jan 2024 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49994

Actions (login required)

View Item View Item