Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Canva Di Kelas IV Sekolah Dasar.

Fitri, Avisya Joel (2023) Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Canva Di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_AVISYA_JOEL_FITRI_19129197_7911_2023.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Salah satu konsep kurikulum yang membutuhkan kemandirian dari guru dan siswa adalah kurikulum merdeka belajar. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, kebutuhan akan alat pembelajaran terbaru dan relevan menjadi jelas. Untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan bagi siswa dan untuk memberi mereka sumber informasi yang mereka butuhkan untuk memahami materi yang mereka pelajari, diperlukan variasi pembelajaran baru. Salah satu variasi tersebut adalah pembuatan bahan ajar berupa e-modul dengan menggunakan aplikasi Canva. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat bahan ajar berbasis aplikasi Canva di pembelajaran kurikulum merdeka kelas IV SD yang valid dan praktis. J enis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Data diperoleh berdasarkan angket validasi ahli materi, ahli kebahasaan, dan ahli media serta angket praktikalitas dari respons guru dan respons peserta didik. Subjek uji coba sebanyak 24 orang peserta didik yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 8 orang perempuan di kelas IV SDN 18 Campago Guguk Bulek dan subjek penelitian pada penelitian ini sebanyak 24 orang peserta didik yang terdiri dari 16 orang laki- laki dan 8 orang perempuan di kelas IV SDN 09 Manggis Ganting. Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data ialah menggunakan skala likert dan diperoleh hasil validasi bahan ajar oleh para ahli dan data diuji praktikalitas bahan ajar melalui angket respon guru dan peserta didik.Instrumen Pengumpulan Data terdiri dari Instrumen Validasi Bahan Ajar dan Instrumen Praktikalitas Bahan Ajar. Hasil uji validitas materi pada pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi Canva ini mmperoleh presentase sebesar 95% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas kebahasaan sebesar 93% dengan kategori sangat valid, dan hasil validitas media sebesar 94,64 dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas memperoleh persentase sebesar 93,3% dengan kategori sangat praktis untuk angket respon guru dan 94,22% untuk angket respon peserta didik dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar berbasis aplikasi Canva pada pembelajaran IPAS kelas IV SD di kurikulum merdeka telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:06
Last Modified: 24 Jan 2024 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49990

Actions (login required)

View Item View Item