Roziqien, Ashab Al-Maimanah
(2023)
Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berintegrasi Nilai-nilai Keislaman pada Topik Skala di Kelas V SDIT.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan sekolah-sekolah dasar yang berbasis keislaman terhadap bahan ajar yang mengintegrasikan materi pembelajaran di dalamnya dengan nilai-nilai keislaman. Pengintegrasian tersebut bertujuan untuk menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan yang dimiliki peserta didik dengan kondisi spiritualnya. Untuk itu, dilakukan pengembangan bahan ajar berintegrasi nilai keislaman pada salah satu muatan pelajaran, yaitu matematika, dengan spesifikasi topiknya adalah materi skala di kelas V.
Penelitian ini merupakan salah satu penelitian Research and Development,
dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap. Tahap tersebut dimulai dari analysis (analisis ), lalu design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan ditutup dengan evaluation ( evaluasi). penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V di SDI Khaira Ummah, SD Sabbihisma 2, dan SDIT Nurul Ikhlas.
Produk yang dihasilkan telah valid secara materi, bahasa, media, dan keagamaan dengan rata-rata skor validitas sebesar 89,71 %., dan terbilang praktis dengan rata-rata skor praktikalitas sebesar 90,64 %.
Actions (login required)
|
View Item |