Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berintegrasi Nilai-nilai Keislaman pada Topik Skala di Kelas V SDIT

Roziqien, Ashab Al-Maimanah (2023) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berintegrasi Nilai-nilai Keislaman pada Topik Skala di Kelas V SDIT. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ASHAB_AL-MAIMANAH_ROZIQIEN_19129007_7836_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan sekolah-sekolah dasar yang berbasis keislaman terhadap bahan ajar yang mengintegrasikan materi pembelajaran di dalamnya dengan nilai-nilai keislaman. Pengintegrasian tersebut bertujuan untuk menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan yang dimiliki peserta didik dengan kondisi spiritualnya. Untuk itu, dilakukan pengembangan bahan ajar berintegrasi nilai keislaman pada salah satu muatan pelajaran, yaitu matematika, dengan spesifikasi topiknya adalah materi skala di kelas V. Penelitian ini merupakan salah satu penelitian Research and Development, dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap. Tahap tersebut dimulai dari analysis (analisis ), lalu design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan ditutup dengan evaluation ( evaluasi). penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V di SDI Khaira Ummah, SD Sabbihisma 2, dan SDIT Nurul Ikhlas. Produk yang dihasilkan telah valid secara materi, bahasa, media, dan keagamaan dengan rata-rata skor validitas sebesar 89,71 %., dan terbilang praktis dengan rata-rata skor praktikalitas sebesar 90,64 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:42
Last Modified: 24 Jan 2024 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49988

Actions (login required)

View Item View Item