Ashar, Annisa Fajra
(2023)
Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Kooperatif Tipe Auditory, Intellectually, Repetition di Kelas V SDN 10 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga peserta didik sulit untuk berpartisipasi aktif selama pembelajaran berlangsung.. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Kooperatif Tipe Auditory, Intellectually, Repetition.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 10 Pandai Sikek Kabupaten Tarrah Datar yang berjumlah 19 orang terdiri dari 11 laki laki dan 8 perempuan. Dalam penelitian ini dilaksanakan secara dua siklus yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan non tes.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I rata rata 84,6% (baik) dan siklus II 94,44% (sangat baik), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I rata-rata 81,25% (baik) dan siklus II 93,75% (sangat baik), c) pelaksanaan pembelajaran pada aspek peserta didik pada siklus I 82,8% (baik) dan siklus II 93,75% (sangat baik), c) penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 77,01 (baik) sedangkan pada siklus II memperoleh nilai 92,33 (sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Kooperatif tipe Auditory, Intellectually, Repetition dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |