Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V di Sekolah Dasar.

Monalisa J, Agnes (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_AGNES_MONALISA_ J_19129186_5976_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kenyataan bahwa kurangnya inovasi terhadap media pembelajaran yang menggunakan teknologi. Media pembelajaran yang cenderung digunakan adalah media pembelajaran berupa alat peraga yang ada dilingkungan peserta didik seperti barang-barang bekas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 pada pembelajaran tematik terpadu kelas V di sekolah dasar yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelaj aran. J enis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) atau biasa disingkat R & D menggunakan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu analysis ( analisis ), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Pengambilan data dilakukan dengan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari validasi ahli materi, validasi ahli kebahasaan dan lembar validasi media. Sedangkan angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba penelitian ini adalah 26 orang peserta didik yang terdiri dari 16 orang laki- laki dan 10 orang perempuan di kelas VA SDN O 1 Bandar Buat Kota Padang. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 ini diperoleh hasil rata-rata dari validasi adalah 94 % dengan kategori "sangat valid". Sedangkan hasil kepraktisan dari angket respon guru dan respon peserta didik memperoleh hasil akhir sebesar 96,51 % dengan kategori "sangat praktis". Dengan demikian media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 pada pembelajaran tematik terpadu ini telah valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorAndika, RefionaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:41
Last Modified: 24 Jan 2024 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49983

Actions (login required)

View Item View Item