Kontrol Diri Siswa dalam Bermain Higgs Domino Island

Rahmi, Sari Jannatul (2023) Kontrol Diri Siswa dalam Bermain Higgs Domino Island. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5-SARI_JANNATUL_RAHMI_19006041_7785_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Game online merupakan media hiburan digital yang sangat diminati oleh remaja. Salah satunya game higgs domino island dengan sistem permainan yaitu menghasilkan kombinasi gambar dengan garis bayar sehingga memperoleh keuntungan. Remaja tertarik memainkan permainan ini karena faktor keberuntungan atau hoki berupa chip yang nantinya dapat ditukar menjadi uang. akibatnya banyak remaja yang menghabiskan waktu untuk mengumpulkan chip, kegiatan dan pekerjaan terbengkalai, menjadi introvet, munculnya perilaku anti sosial bahkan pertengkaran. Kontrol diri akan membantu remaja untuk mengendalikan dirinya. Kontro1 diri adalah kemampuan seseorang dalam mengendalikan serta menggunakan kehendak dan keinginanya dalam membimbing tingkah laku. Oleh karena itu apabila remaja memiliki kontrol diri yang baik, maka akan membantu remaja dalam mengendalikan perilakunya kepada arah yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontrol diri siswa dalam bermain higgs domino island dilihat dari aspek, yaitu: 1) Self Discipline (Disiplin diri); 2) Deliberate/non implusive (Tindakan atau aksi yang tidak implusive); 3) Healthy habits (Kebiasaan sehat); 4) Work ethic (Etika kerja); 5) Reliability (Kehandalan). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan total sampel sebanyak 113 orang siswa SMK Negeri 2 Padang. Instrumen yang digunakan angket kontrol diri siswa yang sudah diuji reliabilitas dengan cronbach 's alfa sebesar 0,937. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan kontrol diri siswa dalam bermain higgs domino island secara keseluruhan berada pada kategori tinggi dengan persentase 50,44%. Selanjutnyajika ditinjau dari masing-masing aspek yaitu: 1) Self-discipline berada pada kategori tinggi dengan persentase 48,67%; 2) Deliberatelnon- impulsive berada pada kategori sedang dengan persentase 45,13%; 3) Healthy habits berada pada kategori tinggi dengan persentase 51,33 %; 4) Work ethic berada pada kategori sedang dengan persentase 62,83%; 5) Reliability berada pada kategori tinggi dengan persentase 54,87%. Jadi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMK Negeri 2 Padang pada umumnya berada pada kategori tinggi dengan presentase 50,44%. Berdasarkan hasil penelitian ini layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan untuk memelihara dan mempertahankan kontrol diri siswa dalam bermain higgs domino island, yaitu layanan informasi, layanan konseling kelompok dan layanan konseling individual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYendi, Frischa MeivilonaUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, Puji GusriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:41
Last Modified: 24 Jan 2024 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49981

Actions (login required)

View Item View Item