Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Self Disclosure Siswa SMA N 4 Mandan

Apriliani, Vrida (2023) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Self Disclosure Siswa SMA N 4 Mandan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_VRIDA_APRILIANI_18006342_6499_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi o leh fenomena masih rendahnya self disclosure siswa di sekolah. Dimana hal tersebut dapat berpengaruh negatif pada kualitas dan kuantitas pribadi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ( 1) perbedaan self disclosure siswa pada kelompok eksperimen yang mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving, (2) Perbedaan self disclosure siswa pada kelompok kontrol yang mengikuti layanan bimbingan kelompok tanpa menggunakan teknik problem solving, (3) Perbedaan self disclosure siswa pada kelompok eksperimen yang diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving dengan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok tanpa menggunakan teknik problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian the non equivalent control group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 4 Mandau dengan 15 siswa kelas X 1 sebagai kelompok kontrol dan 15 siswa kelas X 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan angket dengan model skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yakni wilcoxon singed rank test untuk mengetahui perbandingan skor pretest dan posttest. Berdasarkan temuan penelitian yaitu: ( 1) pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan self disclosure siswa sebelum dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan problem solving, (2) pada kelompok kontrol tidak ada perbedaan yang signifikan peningkatan self disclosure siswa sebelum dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok tanpa menggunakan problem solving, (3) terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan self disclosure siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik problem solving efektif untuk meningkatkan self disclosure siswa di SMA N 4 Mandau

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukmawati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:39
Last Modified: 24 Jan 2024 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49978

Actions (login required)

View Item View Item