Dayantri, Sri
(2023)
Hubungan Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi pada siswa SMAN 8 Padang yaitu tidak mengumpulkan tugas dengan tepat waktu, menunda mengerjakan tugas yang diberikan, mengerjakan tugas ketika sudah deadline, tidak pemah membuat daftar tugas, lebih suka bermain game daripada membuat tugas, mengumpulkan tugas disaatjam belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan manajemen waktu siswa (2) mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa (3) menguji apakah terdapat hubungan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik siswa
Jenis penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 8 Padang tahun ajaran 2023/2024. Jumlah sampel sebanyak
283 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling Instrumen
pengumpulan data menggunakan angket dengan metode skala likert. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan rumus statistik untuk melihat hubungan manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik siswa dengan menggunakan analisis statistik Pearson Product Moment Correlation dengan Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 29.0.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: (1) manajemen waktu siswa berada pada ketegori kurang baik (2) Prokrastinasi Akademik siswa berada pada kategori tinggi (3) terdapat hubungan negatif signifikan antara manajemen waktu dan prokrastinasi akademik, artinya manajemen waktu yang kurang baik maka prokrastinasi akademik tinggi. Implikasi layanan bimbingan dan konseling yang dapat dilakukan adalah layanan informasi dan layanan penguasaan konten.
Actions (login required)
|
View Item |