Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas.

Wati, Mila Risnanda (2023) Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_MILA_RISNANDA_9006185_9675_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi tingginya prokrastinasi akademik siswa dikarenakan berbagai faktor. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah kepercayaan diri. Kepercayaan diri yang rendah dapat meningkatkan prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kepercayaan diri siswa (2) prokrastinasi akademik siswa, serta (3) menguji hubungan kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 1.153 siswa yang terdaftar di kelas X, XI dan XII SMA Negeri 2 Dumai pada semester Juli-Desember Tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel berjumlah 297 yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah "Instrumen Kepercayaan Diri" dan "Instrumen Prokrastinasi Akademik" dengan menggunakan skala model likert. Pengolahan data menggunakan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment melalui program statistic statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( 1) kepercayaan diri siswa kebanyakan rendah dengan rata-rata skor capaian 94 (50,81 %) (2) prokrastinasi akademik siswa kebanyakan sedang dengan rata-rata skor capaian 101 ( 67 ,3 3 % ) (3) terdapat hubungan negatif signifikan antara kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik dengan koefisien korelasi sebesar -0,327 dan signifikasi 0,000. Hal ini berarti kepercayaan diri mempunyai kaitan dengan prokrastinasi akademik siswa. Semakin rendah kepercayaan diri siswa maka semakin tinggi prokrastinasi akademik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
CorrectorPutriani, LisaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:46
Last Modified: 23 Jan 2024 08:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49967

Actions (login required)

View Item View Item