Hidayat, Lira Mulya
(2023)
Efektivitas Layanan
Informasi dengan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Self-Control Siswa.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan mengatur, mengarahkan perilaku kepada konsekuensi positif sangatlah penting. Kemampuan tersebut disebut dengan self-control siswa. seorang siswa sangat diharapkan untuk memiliki self-control yang baik sehingga siswa tersebut dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan informasi dengan model problem based learning dalam meningkatkan self-control siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan eksperimental. Bentuk penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design, dimana untuk menentukan kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dalam design ini tidak dipilih secara random. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 orang siswa, 23 orang siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dan 23 orang siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelompok kontrol di SMAN 2 Batang Anai. Instrument yang digunakan dalam penelitan ini adalah angket, sedangkan datanya dianalisis menggunakan Uji t dan N-Gain Score dengan bantuan aplikasi SPSS 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan self-control siswa sebelum dan sesudah perlakuan baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain Score, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 63% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sementara untuk rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol adalah sebesar 50% termasuk dalam kategori kurang efektif. Dengan demikian layanan informasi dengan model problem based learning efektif dalam meningkatkan self-control pada siswa SMAN 2 Batang Anai.
Actions (login required)
|
View Item |