Problematika Pelaksanaan Asesmen di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di SDN 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Padang (Deskriptif Kualitatif)

Arisiara, Lenny (2023) Problematika Pelaksanaan Asesmen di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di SDN 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Padang (Deskriptif Kualitatif). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_LENNY_ARISIARA_ara (16003025).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pelaksanaan asesmen di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Penelitian ini dilakukan di SDN 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu GPK, kepala sekolah, dan guru di sekolah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, proses penyajian data, dan proses kesimpulan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik keabsahan yaitu dengan cara teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat beberapa problematika dalam pelaksanaan asesmen di sekolah inklusif seperti, Pelaksanaan asesmen harus dilakukan di Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif (LDPI) kota Padang. Sekolah atau GPK tidak memiliki wewenang khusus untuk melakukan asesmen secara resmi, GPK hanya melakukan identifikasi dan asesmen awal dan kemudian dilanjukan oleh pihak LDPI. Jarak sekolah dengan layanan disabilitas dan pendidikan inklusif (LDPI) yang lumayan jauh.Setelah mengajukan pendaftaran dan pemberian berkas anak yang akan di asesmen oleh LDPI, dalam proses di panggil oleh pihak LDPI sekolah harus menunggu waktu yang cukup lama kurang lebih 3 minggu, dan untuk menunggu hasil asesmen anak yang akan di keluarkan oleh LDPI juga memakan waktu yang sukup lama. Problematika lainnya yaitu terkendala dengan orang tua. Kurangnya pengetahuan orang tua yang tidak ingin anaknya di asesmen. Kemudian karena kesibukan orang tua juga terkendala untuk mengatur waktu asesmen anak dengan pihak LDPI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:45
Last Modified: 24 Jan 2024 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49961

Actions (login required)

View Item View Item