Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial Siswa Penerima KIP

Murvi, Indah Miranti (2023) Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial Siswa Penerima KIP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_INDAH_MIRANTI_MURVI_18006275_7829_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Remaja sebagai makhluk sosial yang hidup di tengah masyarakat, dituntut agar mampu melakukan penyesuaian sosial. Tugas ini tidak berbatas pada orang dewasa saja, namun remaja diharapkan dapat mempelajari bagaimana melakukan penyesuaian sosial yang baik di dalam lingkungan tempatnya beraktivitas sehari-hari. Kemampuan untuk menyesuaikan diri dianggap penting dan akan mempengaruhi perkembangan kepribadian dan bagaimana ia mempresentasikan dirinya di dalam masyarakat penyesuaian sosial siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah dukungan sosial teman sebaya, Namun yang terjadi pada kebanyakan siswa penerima KIP merasa takut untuk bergabung dengan teman lainnya dan rendah diri maka dari itu remaja tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang akan mengganggu masa perkembangan remaja tersebut. Hal ini memberikan dampak negatif pada siswa yang penyesuaian sosial nya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dukungan sosial teman sebaya (2) mendeskripsikan penyesuaian sosial siswa penerima KIP dan (3) menguji hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan penyesuaian sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional jenis simetris. Populasi dalam penelitian adalah siswa penerima KIP SMAN 6 Padang sebanyak 147 orang siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 147 orang yang dipilih dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen dukungan sosial teman sebaya dan penyesuaian sosial siswa yang disusun dengan berpedoman kepada model ska/a likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: ( 1) tingkat dukungan sosial teman sebaya siswa SMAN 6 Padang berada pada kategori sedang dengan persentase 71,86%, (2) tingkat penyesuaian sosial siswa penerima KIP berada pada kategori tinggi dengan persentase 73,1%, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian sosial siswa KIP dengan koefisien korelasi 0,441 yang berada pada kategori sedang dan signifikansi 0,002. Jadi, hasil ini menunjukkan bahwa siswa penerima KIP di SMAN 6 Padang memiliki dukungan sosial teman sebaya dan penyesuaian sosial siswa yang tinggi dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian sosial siswa penerima KIP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHariko, RezkiUNSPECIFIED
CorrectorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:44
Last Modified: 23 Jan 2024 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49955

Actions (login required)

View Item View Item