Hubungan Regulasi Emosi dengan Perilaku Cyberbullying pada Siswa SMPN 25 Padang.

Febriani, Elfira (2023) Hubungan Regulasi Emosi dengan Perilaku Cyberbullying pada Siswa SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ELFIRA_FEBRIANI_19006015_6426_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pada zaman perkembangan teknologi yang pesat saat ini hampir seluruh kegiatan dilakukan secara online. Teknologi tersebut memudahkan manusia dalam bertukar informasi dan melakukan interaksi tanpa bertatap muka. Salah satu yang muncul akibat perkembangan teknologi tersebut adalah media social. Media social memiliki efek positif maupun negatif. Efek positif yang muncul yaitu mudah untuk saling berkomunikasi di mana pun dan kapapun, juga untuk menjalin persahabatan dengan orang barn, sedangkan efek negatif adalah mengancam, memberikan komentar-komentar yang negatif dan memfitnah orang lain sehingga termasuk dalam perilaku cyberbullying. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) regulasi emosi siswa, (2) perilaku cyberbullying siswa, serta (3) menguji dan menganalisis hubungan regulasi emosi dengan perilaku cyberbullying. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional jenis simetris. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 25 Padang, yang berjumlah 760 orang siswa dan sampel sebanyak 262 orang siswa dengan menggunakan teknik proportional random. Instrumen yang digunakan yaitu regulasi emosi dan perilaku cyberbullying. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan steknik pearson product moment untuk mengetahui hubungan regulasi emosi terhadap cyberbullying pada siswa melalui program statistik SPSS for windows release 29.0 Hasil penelitian mengungkapkan bahwa; (1) regulasi emosi yang dimiliki oleh siswa yaitu tinggi dengan f =135 (51,53%), artinya sebagian besar siswa SMPN 25 Padang memiliki regulasi emosi yang baik, (2) Cyberbullying yang dimiliki oleh siswa yaitu sedang dengan f=146 (55.73%), artinya masih ada beberapa siswa yang masih mempunyai perilaku cyberbullying tetapi tidak dalam intensitas tinggi, (3) terdapat hubungan yang negatif signifikan antara regulasi emosi terhadap cyberbullying pada siswa, artinya semakin tinggi regulasi emosi pada siswa maka akan semakin rendah perilaku cyberbullying pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHariko, RezkiUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorSukmawati, IndahUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:43
Last Modified: 23 Jan 2024 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49953

Actions (login required)

View Item View Item