Analisis Struktur Bawah Permukaan di Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman Menggunakan Metode Seismik Refraksi

Adzura, Nadilla (2023) Analisis Struktur Bawah Permukaan di Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman Menggunakan Metode Seismik Refraksi. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_6_NADILLA_ADZURA_19034025_7739_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ulakan Tapakis merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman yang mengalami dampak kerusakan parah akibat kejadian gempa bumi tahun 2009, terhitung hingga ribuan rumah yang mengalami kerusakan. Berdasarkan kejadian tersebut dapat dilakukan upaya mitigasi bencana dalam meminimalisir dampak kerusakan berupa kajian mengenai karakteristik dari struktur lapisan bawah permukaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur bawah permukaan di Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman menggunakan metode seismik refraksi. Akuisisi data dilakukan menggunakan teknik konfigurasi peralatan in-line pada delapan lintasan. Data yang diperoleh berupa waktu rambat gelombang sebagai fungsi jarak. Pengolahan data pada metode seimik refraksi didasarkan pada waktu tiba gelombang pertama, melalui picking first break untuk mendapatkan grafik travel time dan menggunakan time-term inversion untuk mendapatkan penampang seismik 2-D. Hasil penelitian menunjukkan struktur bawah permukaan di daerah penelitian terdiri dari 2 lapisan berdasarkan perbedaan kecepatan rambat gelombang pada lapisan tiap-tiap lintasanya. Kecepatan gelombang pada lapisan pertama 252 m/s hingga 425 m/s diinterpretasikan sebagai lapisan batuan dasar lapuk, top soil, campuran pasir dan kerikil tak jenuh pada kedalaman 1 hingga 6 meter. Lapisan kedua memiliki kecepatan gelombang 503 m/s hingga 665 m/s diinterpretasikan sebagai lapisan aluvium, pasir dan kerikil jenuh pada kedalaman lebih dari 6 meter. Struktur bawah permukaan di daerah ini termasuk dalam struktur primer dengan satuan formasi batuan berupa endapan permukaan Aluvium (Qal) yang diduga mengalami pelapukan pada bawah permukannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriani, SyafrianiUNSPECIFIED
CorrectorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GEMPA BUMI, STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN, SEISMIK REFRAKSI
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:43
Last Modified: 23 Jan 2024 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49951

Actions (login required)

View Item View Item