Hubungan Persepsi Siswa tentang Kepribadian Konselor dengan Minat Siswa Mengikuti Layanan Konseling Perorangan (Studi terhadap Siswa SMP Negeri 1 Painan).

Nofiani, Dea (2023) Hubungan Persepsi Siswa tentang Kepribadian Konselor dengan Minat Siswa Mengikuti Layanan Konseling Perorangan (Studi terhadap Siswa SMP Negeri 1 Painan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_DEA_NOFIANI_18006245_4924_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Minat dalam mengikuti layanan konseling perorangan sangat mempengaruhi efektifitas konseling. Namun beberapa penelitian menyebutkan, layanan konseling perorangan masih kurang dimanfaatkan oleh para siswa. Kurangnya minat untuk mengikuti konseling perorangan dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya persepsi negatif tentang kepribadian konselor. Persepsi dipahami sebagai suatu proses atau kegiatan yang dialami seseorang yang diawali dengan masuknya pesan atau informasi kedalam otak yang disebut dengan pengenalan, lalu pengenalan tersebut diolah sehingga mendapatkan sebuah penafsiran yang bermakna. persepsi yang dimaksudkan yaitu persepsi siswa tentang kepribadian konselor; kesesuaian konselor, penerimaan konselor, empati konselor melalui inderanya. Penelitian bertujuan untuk: ( 1) mendeskripsikan persepsi siswa tentang kepribadian konselor, (2) mendeskripsikan minat siswa mengikuti layanan konseling perorangan, (3) menguji hubungan persepsi siswa tentang kepribadian konselor dengan minat siwa megikuti layanan konseling perorangan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional jenis simetris. Populasi penelitian adalah siswa SMPN 1 Painan sebanyak 434 orang siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 208 orang yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen persepsi siswa tentang kepribadian konselor dan instrumen minat siswa mengikuti konseling perorangan yang disusun dengan berpedoman kepada model skala Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat persepsi siswa tentang kepribadian konselor berada pada kategori tinggi 82,2%. (2) tingkat minat siswa mengikuti konseling perorangan berada pada kategori tinggi 77%. (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa tentang kepribadian konselor dengan minat siswa mengikuti konseling perorangan (r = 0,513, Siq = 0,00). Dapat disimpulkan bahwa siswa SMPN 1 Painan memiliki persepsi yang positif tentang kepribadian konselor, dan memiliki minat yang tinggi untuk mengikuti konseling perorangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHariko, RezkiUNSPECIFIED
CorrectorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Rahmi DwiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:43
Last Modified: 23 Jan 2024 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49949

Actions (login required)

View Item View Item