Astuti, Christin Mai
(2023)
Flow Akademik Siswa SMA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Flow akademik dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Fenomena menunjukkan terdapat siswa yang mudah merasa bosan, tidak fokus, kurang nyaman, kurang memiliki motivasi, menganggu teman dan bahkan bermain game saat belajar, siswa yang tidak mampu mengalamiflow akademik memiliki prestasi belajar yang rendah. Flow akademik merupakan kondisi nyaman, bahagia, semangat, serta fokus saat belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan flow akademik siswa secara keseluruhan dan berdasarkan dimensi; 1) challenge skill banance; 2) merging on action and awareness; 3) clear goals; 4) unambiguous feedback; 5) concentration on the task at hand; 6) sense of control
7) loss of self consciousness 8) transformation of time; dan 9) autotelic experience.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Don Bosco Padang yang berjumlah 496 orang siswa dengan sampel penelitian berjumlah 228 orang siswa dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan angket flow akademik siswa SMA yang sudah diuji valid dengan menggunakan rumus Pearson Correlation dan uji reliablilitas dengan menggunakan rumus Cronbach 's Alpha (0,953). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil menunjukkan flow akademik siswa SMA secara keseluruhan berada pada kategori tinggi dengan persentase 46,49%, yang terdiri dari 1) Dimensi challenge skill banance berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 56,58%; 2) Dimensi merging on action and awareness berada pada kategori tinggi dengan persentase 40,79%; 3) Dimensi clear goals berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 82,89%; 4) Dimensi unambiguous feedback berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 49 ,56%; 5) Dimensi concentration on the task at hand berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 45,61 %; 6) Dimensi sense of control berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase
51,32%; 7) Dimensi loss of self consciousness berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 35,96%; 8) Dimensi transformation of time berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 39,47%; dan 9) Dimensi autotelic experience berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 44,30%. Berdasarkan penelitian ini layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan untuk meningkatkan flow akademik siswa, yaitu layanan konseling individual untuk siswa dengan flow akademik sangat rendah, layanan informasi untuk mempertahankan flow akademik siswa dengan kategori tinggi, layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan flow akademik siswa kategori rendah layanan penguasaan konten untuk meningkatkan flow akademik siswa kategori sedang.
Actions (login required)
|
View Item |