Hubungan antara Penggunaan Media dengan Keaktifan Belajar Peserta Pelatihan di UPTD Balai Latihan Kerja Padang Pariaman

Vikriani, Vadila (2023) Hubungan antara Penggunaan Media dengan Keaktifan Belajar Peserta Pelatihan di UPTD Balai Latihan Kerja Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_VADILA_VIKRIANI_19005101_9014_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar peserta pelatihan pada proses pembelajaran di UPTD BLK Padang Pariaman, diduga karena instruktur menggunakan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran penggunaan media yang digunakan instruktur dalam proses pembelajaran, melihat gambaran keaktifan belajar peserta pelatihan dalam proses pembelajaran, serta untuk melihat hubungan antara penggunaan media dengan keaktifan belajar peserta pelatihan di UPTD BLK Padang Pariaman. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta pelatihan di UPTD BLK Padang Pariaman yang berjumlah 32 orang. Sedangkan sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling sebanyak 75% dari populasi yang berjumlah 32 orang sehingga sampel yang diambil sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui Google Form. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus persentase dan untuk mencari hubungannya menggunakan rumus Rank order. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media oleh instruktur di UPTD Balai Latihan Kerja Padang Pariaman kurang bervariasi sehingga dikategorikan rendah, (2) keaktifan belajar peserta pelatihan di UPTD Balai Latihan Kerja Padang Pariaman masih kurang sehingga dikategorikan rendah, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media dengan keaktifan belajar peserta pelatihan di UPTD Balai Latihan Kerja Padang Pariaman. Disarankan kepada: ( 1) instruktur dapat mengembangkan penggunaan media bervariasi sehingga dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta pelatihan, (2) lembaga dapat mendukung penggunaan media yang bervariasi dalam proses pembelajaran dan dapat memfasilitasi penggunaan media dalam pembelajaran, dan (3) kepada peneliti lain supaya bisa mencari variabel lain yang dapat mempengaruhi keaktifan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNatsir, MHDUNSPECIFIED
CorrectorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:41
Last Modified: 23 Jan 2024 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49943

Actions (login required)

View Item View Item