Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bernuansa Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) tentang Materi Sistem Pencernaan untuk SMA

Vernanda, Nadila Okta (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bernuansa Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) tentang Materi Sistem Pencernaan untuk SMA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_3_NADILA_OKTA_VERNANDA_16031017_7948_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran yang dipakai guru Biologi di SMA Negeri 1 Pariaman menggunakan buku paket dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Bahan ajar tersebut diharapkan dapat memotivasi peserta didik, namun jika dilihat dari hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Pariaman masih rendah, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang bisa membantu meningkatkan hasil belajar dan memotivasi mereka untuk berpikir kritis dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD Bernuansa Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) tentang materi sistem pencernaan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan Four-D , dengan tahap define, design, develop dandisseminate. Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Instrument penelitian adalah lembar uji validitas dan praktikalitas. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh dua orang dosen Biologi FMIPA UNP dan satu guru biologi di SMA Negeri 1 Pariaman. Uji praktikalitas dilakukan pada satu orang guru biologi dan 32 orang peserta didik SMAN 1 Pariaman. Objek penelitian ini adalah LKPD bernuansa STEM pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa LKPD yang dikembangkan mendapatkan nilai uji validitas 84,96% (valid). Hasil uji praktikalitas oleh guru sebesar 93,74% (sangat praktis) dan 91,28% (sangat praktis) oleh peserta didik. Rata-rata nilai praktikalitas oleh guru dan peserta didik adalah sebesar 92,51% (sangat praktis). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD bernuansa STEM yang dikembangkan valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, PESERTA DIDIK, SISTEM PENCERNAAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:41
Last Modified: 23 Jan 2024 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49942

Actions (login required)

View Item View Item