Hubungan Antara Motivasi Peserta Didik dengan Kedisiplinan Mengikuti Esktrakurikuler Pramuka di SMP Pembangunan Lab UNP.

Indra, Titik Mai (2023) Hubungan Antara Motivasi Peserta Didik dengan Kedisiplinan Mengikuti Esktrakurikuler Pramuka di SMP Pembangunan Lab UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_TITIK_MAI_INDRA_19005099_7745_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan peserta didik, terdapat siswa yang kurang disiplin dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Fenomena ini didukung oleh sikap peserta didik dalam mengikuti kegiatan, kepatuhan dalam menegakkan aturan hingga kehadiran peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Hal ini diduga karena kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SMP Pembangunan Lab UNP. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka, melihat gambaran kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka, serta hubungan antara motivasi peserta didik dengan kedisiplinan mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SMP Pembangunan Lab UNP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 150 orang yang terdiri dari kelas VII dan VIII yang terdaftar sebagai anggota pramuka. Sampel diambil 30% dari populasi yaitu sebanyak 45 orang menggunakan teknik Stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan untuk analisis data menggunakan rumus persentase dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka dikategorikan rendah, kedisiplinan peserta didik mengikuti ekstrakurikuler pramuka juga tergolong rendah, serta terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi peserta didik dengan kedisiplinan mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SMP Pemangunan Lab UNP. Saran dari peneliti pada penelitian ini adalah kepada sekolah diharapkan agar dapat menciptakan lingkungan fisik dan sosial yang lebih menarik, menciptakan ide-ide atau metode barn yang kreatif serta menyenangkan sehingga dapat menarik perhatian peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:41
Last Modified: 23 Jan 2024 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49941

Actions (login required)

View Item View Item