Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Keaktifan Belajar Santri pada Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Masjid Baiturahman Sialang.

Amelia, Rose (2023) Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Keaktifan Belajar Santri pada Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Masjid Baiturahman Sialang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_ROSE_AMELIA_18005026_7521_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar santri yang ditemukan pada Taman Pendidikan Al-Quran di Masjid Baiturahman Sialang, hal ini di duga adanya oengaruh dari interaksi teman sebaya yang terjadi di lingkungan belajar santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan interaksi teman sebaya, gambaran keaktifan belajar santri, dan hubungan yang terjadi antara interaksi teman sebaya dengan keaktifan belajar santri Pada Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) di Masjid Baiturahman Sialang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 37 orang santri. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Sampel diambil sebanyak 80% dari populasi yaitu 30 orang santri. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan korelasi dengan rumus Spearman Rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: ( 1) Interaksi teman sebaya santri di TPQ Masjid Baiturahman tergolong rendah; (2) Keaktifan belajar santri di TPQ Masjid Baiturahman Sialang tergolong kurang aktif; dan (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dan keaktifan belajar santri di TPQ. Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada pendidik atau ustazah agar dapat menumbuhkan keberanian, semangat dan keaktifan belajar santri dalam proses pembelajaran, sehingga santri dapat lebih fokus dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, WirdatulUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
CorrectorArini, Fitri DwiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:41
Last Modified: 23 Jan 2024 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49939

Actions (login required)

View Item View Item