Hubungan antara Motivasi Kerja dengan Kesiapan Kerja Peserta Mengikuti Pelatihan Menjahit Berbasis Mobile Training Unit di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang Panjang.

Wulandari, Putri (2023) Hubungan antara Motivasi Kerja dengan Kesiapan Kerja Peserta Mengikuti Pelatihan Menjahit Berbasis Mobile Training Unit di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_PUTRI_WULANDARI_19005135_7549_2023.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tingkat kesiapan kerja peserta setelah mengikuti pelatihan menjahit berbasis mobile training unit di BLK Padang Panjang, hal ini diduga disebabkan oleh kurangnya motivasi kerja peserta pelatihan untuk mengikuti program dengan serius, kurikulum yang tidak relevan dengan kebutuhan pasar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana motivasi peserta pelatihan menjahit terhadap kesiapan kerja. (2) Untuk mendeskripsikan kesiapan kerja peserta pelatihan menjahit mengikuti program pelatihan berbasis mobile training unit di UPTD BLK Padang Panjang. (3) Untuk melihat hubungan motivasi peserta pelatihan menjahit terhadap kesiapan kerja peserta pelatihan menjahit berbasis mobile training unit menjahit di UPTD BLK Padang Panjang Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua peserta pelatihan menjahit pada tahun 2023 dengan jumlah peserta 64 orang dan mereka telah menyelesaikan pelatihan pada bulan F ebruari sampai bulan April sebanyak 6 kali pertemuan. Peneliti menggunakan metode cluster random sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 50% dari jumlah populasi. Jumlah peserta pelatihan tahun 2023 sebanyak 64 peserta pelatihan sedangkan populasi yang akan diambil 32 orang peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan alat pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Dan teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu rumus persentase dan korelasi rumus product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Motivasi kerja peserta mengikuti pelatihan menjahit berbasis mobile training unit di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang Panjang dikategorikan rendah, hal ini bisa dilihat dari pemyataan diisi oleh responden dalam instrumen penelitian yang didominasi jawaban jarang, 2). Kesiapan kerja peserta yang mengikuti pelatihan menjahit berbasis mobile training unit di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang Panjang dikategorikan kurang siap, hal ini bisa dilihat dari pemyataan diisi oleh responden dalam instrumen penelitian yang didominasi jawaban jarang, 3). Terdapat hubungan antara motivasi kerja dengan kesiapan kerja peserta mengikuti pelatihan menjahit berbasis mobile training unit di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatulUNSPECIFIED
CorrectorArini, Fitri DwiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:11
Last Modified: 23 Jan 2024 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49935

Actions (login required)

View Item View Item