Ulfa, Nadhira
(2023)
Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Program Paket C di SKB 1 Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar warga belajar pada mata pelajaran ekonomi program belajar paket C di SKB 1 Tanah Datar. Hal ini diduga karena rendahnya kecerdasan emosional warga belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan gambaran kecerdasan emosional warga belajar paket C di SKB 1 Tanah Datar, 2) mendeskripsikan gambaran hasil belajar warga belajar pada mata pelajaran ekonomi program paket C di SKB 1 Tanah Datar, 3) untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional warga belajar dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada program paket C di SKB 1
Tanah Datar.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar program paket C di SKB 1 tanah datar yang berjumlah 39 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang atau 80% dari populasi dan 20% atau 9 orang lainnya dijadikan sebagai uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Dan teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu rumus persentase dan korelasi rumus product moment.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa: 1) kecerdasan emosional warga belajar pada program paket C di SKB 1 Tanah Datar dikategorikan rendah, 2) hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada program paket C di SKB 1 Tanah Datar dikategorikan rendah dikarenakan banyak nilai warga belajar yang dibawah KKM, dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada program paket C di SKB 1
Tanah Datar.
Actions (login required)
|
View Item |