Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik pada Ekstrakurikuler Surau di SMP Baiturrahmah Kota Padang.

Rahmawati, Lili (2023) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik pada Ekstrakurikuler Surau di SMP Baiturrahmah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_LILI_RAHMAWATI_19005021_4714_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kedisiplinan belajar peserta didik pada ekstrakurikuler surau di SMP Baiturrahmah Kota Padang. Hal ini diduga karena adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kecerdasan emosional, gambaran kedisiplinan belajar, serta mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik dengan jumlah populasi 58 orang peserta didik dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Untuk teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa : ( 1) Kecerdasan emosional dikategorikan rendah, (2) Kedisiplinan belajar dikategorikan rendah, (3) Adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan belajar peserta didik pada ekstrakurikuler surau di SMP Baiturrahmah Kota Padang. Disarankan kepada : ( 1) Bagi orang tua agar dapat membantu peserta didik meningkatkan kecerdasan emosionalnya dengan baik, (2) Bagi guru dan bekerja sama dengan guru BK yang ada disekolah untuk membantu anak-anak agar mampu mengendalikan kecerdasan emosionalnya, (3) Bagi sekolah dapat bekerja sama dengan lembaga atau ahli psikolog dalam bentuk sosialisasi kepada siswa dalam meningkatkan keecrdasan emosional anak, (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengidentifikasi faktor lain atau variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDAini, WirdatulUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:58
Last Modified: 23 Jan 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49926

Actions (login required)

View Item View Item