Hubungan antara Penerapan Metode Problem Based Learning dengan Basil Belajar Peserta Kursus Komputer di lKP Smart College Padang.

Putri, Kendita (2023) Hubungan antara Penerapan Metode Problem Based Learning dengan Basil Belajar Peserta Kursus Komputer di lKP Smart College Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_KENDITA_PUTRI_19005067_7701_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta kursus komputer di LKP Smart College Padang. Hal ini diduga karena penerapam metode problem based learning yang kurang baik sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta kursus rendah. Penelitian ini bertujuan untuk :1) Untuk mengetahui gambaran penerapan metode Problem based learning terhadap hasil belajar peserta kursus komputer di LKP Smart College Padang, 2) Untuk mengetahui gambaran dari hasil belajar peserta kursus komputer di LKP Smart College Padang dengan menggunakan penerapan metode Problem based learning, 3) Untuk mengetahui hubungan antara penerapan metode Problem based learning terhadap hasil belajar peserta kursus komputer di LKP Smart College Padang. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah berjumlah 30 orang dan sampel yang diambil sebanyak 21 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rank order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran penerapan metode Problem based learning pada peserta kursus komputer di Smart College Padang dikategorikan rendah; 2) Gambaran hasil belajar peserta kursus komputer di LKP Smart College Padang dikategorikan rendah 3) Gambaran hubungan yang Signifikan antara penerapan metode problem based learning dengan hasil belajar pada peserta kursus komputer di LKP Smart Collage Padang. Saran penelitian adalah : 1) Diharapkan kepada instruktur agar dapat berinovasi mengenai metode pembelajaran sehingga dapat menjadi metode pembelajaran yang baik dan tepat bagi peserta kursus untuk belajar. 2) Diharapkan kepada peserta kursus untuk bisa belajar dan menyesuaikan metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar secara maksimal. 3) Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat berinovasi dan meneliti variabel baru sehingga dapat menambah variabel yang ada danmemperlengkapnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MHDUNSPECIFIED
CorrectorArini, Fitri DwiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:57
Last Modified: 23 Jan 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49924

Actions (login required)

View Item View Item