Hubungan Pelatihan on The Job Training dengan Hasil Uji Kompetensi Karyawan di PT Elnusa Petrofin Bungus Teluk Kabung Kota Padang.

Pramutia, Intan (2023) Hubungan Pelatihan on The Job Training dengan Hasil Uji Kompetensi Karyawan di PT Elnusa Petrofin Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_INTAN_PRAMUTIA_19005063_9178_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil uji kompetensi karyawan di PT Elnusa Petrofin Bungus Teluk Kabung Padang, hal ini diduga karena pelatihan on the job training yang dinilai dari aspek materi pelatihan, metode, peserta, sarana dan prasarana, instruktur dan waktu pelatihan masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) gambaran pelatihan on the job training; (2) hasil uji kompetensi karyawan; (3) melihat hubungan pelatihan on thejob training dengan hasil uji kompetensi karyawan di PT Elnusa Petrofin Bungus Teluk Kabung Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 608 karyawan (awak mobil tangki). Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Sampel diambil dari populasi berjumlah 85 orang dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase dan korelasi rumus product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelatihan on the job training yang dilakukan oleh karyawan dikategorikan ; (2) hasil uji kompetensi karyawan di PT Elnusa Petrofin Bungus Teluk Kabung Padang; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pelatihan on the job training dengan hasil uji kompetensi karyawan di PT Elnusa Petrofin Bungus Teluk Kabung Padang. Saran penelitian adalah : 1) Diharapkan kepada instruktur agar dapat berinovasi mengenai metode pembelajaran, materi pelatihan sehingga dapat menjadi pelatihan yang baik dan tepat bagi karyawan. 2) Diharapkan kepada karyawan untuk bisa belajar sehingga dapat meningkatkan hasil uji kompetensi secara maksimal. 3) Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat berinovasi dan meneliti variabel baru sehingga dapat menambah variabel yang ada dan memperlengkapnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, WirdatulUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MHDUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:56
Last Modified: 24 Jan 2024 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49923

Actions (login required)

View Item View Item