Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Keaktifan Belajar Peserta Pelatihan Program Aplikasi Perkantoran di LKP Smart College Kota Padang

Wangi, Annisa Sekar (2023) Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Keaktifan Belajar Peserta Pelatihan Program Aplikasi Perkantoran di LKP Smart College Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_ANNISA_SEKAR_WANGI_19005112_7640_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan belajar peserta pelatihan dalam proses pembelajaran teori. Diduga terdapat motivasi belajar yang rendah di kalangan peserta pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan motivasi belajar peserta pelatihan dalam proses pembelajaran teori, 2) mendeskripsikan keaktifan belajar peserta pelatihan dalam proses pembelajaran teori, 3) melihat hubungan motivasi belajar dengan keaktifan belajar peserta pelatihan program aplikasi perkantoran di LKP Smart College Kota Padang. Penelitian mt menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta pelatihan di LKP Smart College yang berjumlah 39 orang dan sampel sebesar 75% yaitu 29 orang dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus rank order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran teori berada pada kategori rendah. (2) keaktifan belajar peserta pelatihan dalam proses pembelajaran teori berada pada kategori rendah. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan keaktifan belajar peserta program pelatihan aplikasi perkantoran di LKP Smart College Kota Padang. Disarankan kepada: ( 1) diharapkan kepada instruktur untuk lebih meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan pada proses pembelajaran teori, (2) untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mendalami penelitian ini dengan variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNatsir, MHDUNSPECIFIED
CorrectorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorArini, Fitri DwiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:51
Last Modified: 23 Jan 2024 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49909

Actions (login required)

View Item View Item