Pengaruh Media Pembelajaran Papinka terhadap Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di KB Jannatul Na'iem Kampung Salisikan.

Anjelita, Anggi (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Papinka terhadap Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di KB Jannatul Na'iem Kampung Salisikan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_ANGGI_ANJELITA_19005001_9330_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di KB Jannatul Na'iem, Kampung Salisikan, Nagari Sungai Buluh Timur, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Rendahnya kemampuan kognitif anak disebabkan oleh beberapa faktor lingkungan yang kurang mendukung, fasilitas/media yang kurang menarik, faktor kematangan biologis, aktivitas fisik yang kurang, kurangnya interaksi dengan lingkungan, faktor keseimbangan tentang informasi barn dan kurangnya media pembelajaran sehingga anak kurang mendapatkan pengetahuan informasi barn. Dari sekian banyak faktor diduga fasilitas/media pembelajaran yang kurang menarik menjadi faktor utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun melalui media papinka di KB Jannatul Na'iem Kampung Salisikan, Nagari Sungai Buluh Timur, Kecamatan Batang Anai. J enis penelitian adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu ( quasi exsperiment) dengan tujuan untuk mengungkapkan pengarnh terhadap dua variabel. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest. Populasi penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun di KB Jannatul Na'iem sebanyak 21 anak, sampel penelitian diambil sampel dari keselurnhan populasi yaitu 21 orang anak. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisa data menggunakan uji paired sampel t-test. Dari basil pengumpulan dan pengolahan data yang dilakukan maka dapat disimpulkan, (1) sebelum diberi tindakan (pretest) kemampuan kognitif anak dikategorikan mulai berkembang, (2) sesudah diberi tindakan (posttest) kemampuan kognitif anak dikategorikan berkembang sesuai harapan dan (3) terdapat pengarnh yang signifikan pada media papinka terhadap meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyur'aini, Syur'ainiUNSPECIFIED
CorrectorIrmawita, IrmawitaUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:50
Last Modified: 23 Jan 2024 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49908

Actions (login required)

View Item View Item