Analisis Multivariate Adaptive Regression Spline dalam Memodelkan Faktor- faktor yang Mempengaruhi Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Gunung Kota Padang Panjang.

Khairunnisa, Nabila (2023) Analisis Multivariate Adaptive Regression Spline dalam Memodelkan Faktor- faktor yang Mempengaruhi Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Gunung Kota Padang Panjang. Diploma thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_10_NABILA_KHAIRUNISA_20037042_7843_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prevalensikejadianstunting di wilayahkerjaPuskesmasGunung Kota Padang Panjangadalah 16%.Angkainimasihmenjadimasalahkarenamelebihi target indikatordalamRencana Pembangunan JarakMenengahNasional (RPJMN) bidangkesehatantahun 2020-2024 yaitu 14%. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui model terbaikdarikejadianstuntingdanfaktor-faktor yang berpengaruhterhadapkejadianstunting di wilayahkerjaPuskesmasGunung Kota Padang Panjang. Penelitianinimerupakanpenelitianterapan.Data yang digunakanadalah data sekunderdari 216 balita yang terdatapadatahun 2022 di wilayahkerjaPuskesmasGunung Kota Padang Panjang.Metode yang digunakanadalahMultivariate Adaptive Regression Spline (MARS) denganvariabeldependenadalahkejadianstuntingdanvariabelindependenadalahpemberian ASI eksklusif, beratbadanbayilahir, panjangbayilahir, riwayatpenyakitinfeksi, pengaruhimunisasi, saranasanitasi, danpolamakan. Hasilpenelitianmenghasilkan model terbaikdengannilaiGeneralized Cross Validationsebesar0.073darikombinasi Basis Fungsi28, MaksimumInteraksi3, dan Minimum Observasi2.Faktor-faktor yang mempengaruhikejadianstuntingadalahpemberian ASI eksklusif, polamakan, pengaruhimunisasi, dansaranasanitasi.Faktor yang paling berpengaruhterhadapkejadianstuntingadalahpemberian ASI eksklusifdengantingkatkepentingandalam model 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, YenniUNSPECIFIED
CorrectorMukhti, Tessy OctaviaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STUNTING, RENCANA PEMBANGUNAN,PUSKESMAS
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
R Medicine and Food > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:50
Last Modified: 23 Jan 2024 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49904

Actions (login required)

View Item View Item