Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD N egeri 13 Aia Manyuruak Solok Sela tan.

Karmila, Yesi (2023) Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD N egeri 13 Aia Manyuruak Solok Sela tan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_YESI_KARMILA_19004035_5254_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu sebagian siswa kelas IV SD Negeri 13 Aia Manyuruak Solok Selatan kurang fokus dalam belajar, guru belum menggunakan media video pembelajaran dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPAS. Upaya untuk menarik perhatian dan fokus belajar, maka digunakan media video pembelajaran. Media video pembelajaran ini berbentuk video animasi yang bisa membantu siswa untuk memahami materi pelajaran.Untuk melihat apakah penggunaan video pembelajaran ini berhasil, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 13 Aia Manyuruak Solok Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif kuasi eksperimen dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan media video pembelajaran pada kelas eksperimen dan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dan buku teks pada kelas kontrol. Siswa kelas IV SD Negeri 13 Aia Manyuruak Solok Selatan dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas IV.A kelas kontrol dan IV.B kelas eksperimen. Data diperoleh melalui tes objektif sebanyak 40 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas menggunakan uji lilifors, uji homogenitas menggunakan uji barlett. Data hasil penelitian diperoleh nilairata-rata kelompok eksperimen sebesar 82 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol sebesar 70,33. Dari analisis uji-t diperoleh thitung >ttabe1= dengan taraf signifikan 0,05. Maka disimpulkan terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 13 Aia Manyuruak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:50
Last Modified: 23 Jan 2024 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49903

Actions (login required)

View Item View Item