Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Basil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII SMPN 1 Junjung Sirih, Kabupaten Solok.

Pertiwi, Wilanda Intan (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Basil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII SMPN 1 Junjung Sirih, Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_WILANDA_INTAN_PERTIWI_19004034_5209_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu saat pembelajaran berlangsung masih ada peserta didik tidak dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menjunjung tinggi norma-norma kelompok. Interaksi peserta didik masih belum meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berpendapat. Kemudian kecakapan individu tidak meningkat. ini menunjukkan peserta didik kurang aktif saat pembelajaran berlangsung sehingga juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievment Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII SMP N 1 Junjung Sirih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 1 Junjung Sirih. Jenis penelitia ini adalah penelitian eksperimen semu yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu kelas VII.D merupakan kelas yang diuji cobakan,dimana diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajarannya. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas VII.C tidak diberi perlakuan, melainkan menerapkan pembelajaran secara konvensional. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada materi menghadirkan shalat dan zikir dalam kehidupan mata pelajaran PAI kelas VII. Untuk pengujian hipotesis, peneliti menggunakan statistic uji t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. Penerapan model pembelajaran kooperatif ini berpengaruh dalam meningkatkan kecekapan peserat didik terutama saat berdiskusi dengan kelompok. Selanjutnya, pesetrta didik bekerja sama dalam kelompok diskusi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dapat diartikan bahwa HI diterima. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada Mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 1 Junjung Sirih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, UlfaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:38
Last Modified: 23 Jan 2024 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49902

Actions (login required)

View Item View Item