Hibatullah, Geri (2023) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Konstruksi Utilitas Gedung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_1_Geri_Hibatullah_19061058_5263_2023.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang ada pada mata pelajaran Konstruksi Utilitas Gedung di kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang adalah model pembelajaran yang digunakan guru belum sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kurangnya pemahaman materi yang menyebabkan rendahnya hasil belajar. Untuk itu dalam mengatasi permasalahan tersebut maka perlu diterapkan model pembelajaran yang memberi peserta didik lebih banyak kesempatan untuk berfikir dan memaparkan gagasannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Type Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Konstruksi Utilitas Gedung siswa Kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMK Dhuafa Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari kelas XI DPIB A dan XI DPIB B. Pengujian instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Lintau Buo, pada Kelas XI DPIB yang terdiri dari 30 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pretest, posttest dan gain score) berupa soal objektif sebanyak 26 soal. Data yang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian dari perhitungan t-test diperoleh
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs. Dina Aulia Sari | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2024 02:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2024 02:49 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49900 |
Actions (login required)
View Item |