Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran lnformatika Kelas VII SMPN 2 Padang

Salsabila, Viona (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran lnformatika Kelas VII SMPN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_VIONA_SALSABILA_19004126_9658_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika. Hal ini dikarenakan guru yang menjelaskan materi secara garis besar, kemudian menyuruh siswa untuk merangkum materi pembelajaran dari buku pembelajaran tanpa memberi kesempatan kepada siswa bertanya. Sehingga siswa hanya mendapatkan pengetahuan teoritis dan tidak diiringi dengan latihan berpikir kritis , Masih banyak siswa yang tidak memahami materi yang diajarkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TOT) terhadap hasil belajar mata pelajaran Informastika siswa kelas VII SMPN 2 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TOT) pada mata pelajaran Informatika terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol . Kelas ekperimen yaitu kelas VII.O dimana kelas ini diuji cobakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team games tumamen. Sedangkan kelas kontrol yaitu kelas VII.D tidak diberi perlakuan, melainkan menerapkan sistem pemberlajaran konvesional. Teknik penelitian yang digunakan adalag purposive sampling. Penilitian rm dilakukan pada mata pelajaran Informatika dengan materi Berpikir Komputasional. Untuk menguji hipotesis penelitian ini menggunakan uji t, dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TOT) adalah 80, 17 dan nilai rata-rata kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvesional adalah 72,67. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung 2,420 dan t tabel dengan taraf siginifikan 0,05 adalah 1,671. Jika dibandingkan thitung t tabel yaitu 2,420 > 1,671. Dapat diartikan Hl diterima Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournamnet (TOT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas VII SMPN 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorNovrianti, NofriantiUNSPECIFIED
CorrectorRayendra, RayendraUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:38
Last Modified: 23 Jan 2024 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49899

Actions (login required)

View Item View Item