Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Berbantuan Quizwhizzer pada Mata Pelajaran lnformatika di SMP

Pertiwi, Ragil Elva (2023) Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Berbantuan Quizwhizzer pada Mata Pelajaran lnformatika di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RAGIL_ELVA_PERTIWI_19004022_7954_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pengembangan alat evaluasi pembelajaran pada penelitian ini dilatar belakangi dari beberapa permasalahan yaitu pada kegiatan evaluasi, guru belum pemah menggunakan alat evaluasi pembelajaran yang bersifat elektronik, seperti dalam kegiatan evaluasi yaitu pada proses penilaian harian (PH) yang masih bersifat konvensional (menggunakan kertas). Hal ini seharusnya sudah tidak praktis dan efektif untuk digunakan. Di samping itu, membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengoreksinya juga menyulitkan guru dalam mencari hasil nilai siswa secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi berbantuan Quizwhizzer pada mata pelajaran informatika di SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Model ADDIE memuat lima (5) tahapan pengembangan diantamya adalah analysis ( analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation ( evaluasi). Uji validitas pada penelitian melibatkan dua ahli media dan satu ahli materi. Ahli media adalah Dosen dari Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, sedangkan Ahli Materi dalah guru mata pelajaran Informatika SMP Negeri 39 Padang. Uji praktikalitas produk melibatkan 20 siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 39 Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil validasi oleh ahli media 1 diperoleh persentase hasil "95,2%" kategori "Sangat Valid". Penilaian oleh ahli media 2 diperoleh persentase hasil sebesar "97,6%" kategori "Sangat Valid" dan peniliaian oleh ahli materi diperoleh persentase hasil sebesar "95,2%" kategori "Sangat Valid". Pada hasil uji praktikalitas kepada siswa diperoleh persentase hasil "86%" kategori "Sangat Praktis". Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bawah produk alat evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi berbantuan Quizwhizzer yang sudah diimplementasikan pada mata pelajaran Informatika kelas VIII di SMP Negeri 39 Padang layak digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorAmilia, WinandaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:12
Last Modified: 23 Jan 2024 01:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49893

Actions (login required)

View Item View Item