Persepsi Peserta Didik Terhadap Guru Profesional di SMA Negeri 6 Padang.

Yohanda, Niki Putri (2023) Persepsi Peserta Didik Terhadap Guru Profesional di SMA Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_NIKI_PUTRI_YOHANDA_19004065_9703_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Ketika pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas guru menjadi objek utama yang selalu dilihat peserta didik. Setiap peserta didik memiliki persepsi yang berbeda, sesuai pengalaman mereka. Peserta didik yang belajar dengan tekun akan memperoleh hasil optimal dan senang dalam belajar. Guru yang disenangi peserta didik lebih mudah melaksanakan pembelajaran, karena peserta didik berpersepsi baik pada gurunya, begitu sebaliknya. Oleh karena itu, permasalahan yang dikaji di penelitian ini yaitu "Bagaimana Persepsi Peserta Didik terhadap Guru Profesional di SMA Negeri 6 Padang". Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap guru profesional di SMA Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini keseluruhan peserta didik di SMA Negeri 6 Padang dengan jumlah 942 orang peserta didik. Sampel penelitian menggunakan teknik probality sampling jenis stratified rundom sampling berjumlah 235 orang, dengan jumlah peserta didik kelas X sebanyak 68 orang, kelas XI sebanyak 90 orang, dan kelas XII sebanyak 77 orang. Alat pengumpulan data berupa angket tertutup berjumlah 50 item pertanyaan dengan model Skala Likert. Jenis data penelitian data primer dengan sumber datanya lembar jawaban peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa persepsi peserta didik terhadap guru profesional di SMA Negeri 6 Padang berdasarkan indikator masing­ masing sub variabel kompetensi dikriteriakan "Sangat Baik" dengan nilai persentase 85,09. Persepsi peserta didik perkelas menunjukkan hasil yang berbeda di mana peserta didik kelas X memperoleh persentase 85,89 dengan kriteria "Sangat Baik", peserta didik kelas XI memperoleh persentase 85,22 dengan kriteria "Sangat Baik" dan kelas XII memperoleh persentase 84,23 dengan kriteria "Baik". Dapat dilihat indikator yang mendapat persentase terendah dengan kategori "Baik" yaitu Indikator Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 01:12
Last Modified: 23 Jan 2024 01:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49891

Actions (login required)

View Item View Item