Pengembangan Konten Infografis di Instagram sebagai Suplemen Pembelajaran pada Materi Sejarah Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Negeri 3 Payakumbuh

Fikri, M. Fauzi (2023) Pengembangan Konten Infografis di Instagram sebagai Suplemen Pembelajaran pada Materi Sejarah Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Negeri 3 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_M_FAUZI_FIKRI_17004092_8001_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Konten Infografis di Instagram Sebagai Suplemen Pembelajaran pada Materi Sejarah Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Negeri 3 Payakumbuh dilakukan untuk meningkatkan keefektifan proses pembelajaran serta mengingat perkembangan teknologi informasi di masyarakat saat ini dengan kehadiran media sosial. Pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran terkait pengembangan konten infografis sebagai suplemen pembelajaran serta mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan produk media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research & Development. Sementara model yang digunakan dalam penelitian ini model pengembangan 4-D yang memiliki empat tahapan yang define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan terakhir disseminate (penyebarluasan). Salah satu tahapan yang menjadi tolak ukur keberhasilan pengembangan media adalah tahap development (pengembangan) di mana pada tahap tersebut dilakukan penilaian ahli dengan uji validitas dan uji coba pengembangan dengan uji praktikalitas. Dalam uji validitas Terdapat dua kali pengujian validitas produk yang masing-masing adalah uji validitas media dan uji validitas materi. Pengujian validitas media dilakukan oleh 2 orang validator dari dosen ahli media. Sementara pengujian validitas materi dilakukan oleh seorang validator dari guru mata pelajaran. Setelah dilakukan uji validitas dilakukan uji praktikalitas yang dilakukan pada siswa Kelas IX-8 SMP Negeri 3 Payakumbuh. Konten infografis di Instagram dengan materi Proklamasi Kemerdekaan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan pada uji validitas media pertama memperoleh hasil sangat valid dengan rata-rata secara keseluruhan sebesar 4,66 dari dua validator, namun dinyatakan layak dengan revisi. Sementara pada uji validitas media pertama memperoleh hasil sangat valid dengan rata-rata secara keseluruhan sebesar 4,84 dari dua validator, namun dinyatakan layak dengan revisi. Pada uji validitas materi diperoleh hasil sangat valid dengan rata-rata 4,85. Pada uji praktikalitas diperoleh hasil sangat praktis dengan rata-rata keseluruhan 4,42. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk media Konten infografis di Instagram telah siap dikembangkan dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi sejarah, dengan sudah melalui tahap disseminate (penyebarluasan) melalui aplikasi Instagram dan dapat diakses oleh setiap siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorRayendra, RayendraUNSPECIFIED
CorrectorAmilia, WinandaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 00:58
Last Modified: 23 Jan 2024 00:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49889

Actions (login required)

View Item View Item