Pengembangan E-modul dengan Menggunakan Aplikasi Nearpod pada Mata Pelajaran IPAS di kelas IV SD.

Putra, Jefri Dwi (2023) Pengembangan E-modul dengan Menggunakan Aplikasi Nearpod pada Mata Pelajaran IPAS di kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_JEFRI_DWI_PUTRA_18004077_6561_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di SD 12 Koto Barn pada mata pelajaran IPAS di Kelas IV, bahwa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah masih berpusat pada guru sehingga menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi membosankan. Media pembelajaran yang digunakan terbatas pada buku pegangan guru saja, mengakibatkan siswa kesulitan belajar mandiri, selain itu, penyajian konten buku tidak mudah dan menggunakan kata-kata yang sulit dipahami siswa. Media e- modul dapat dij adikan alternatif untuk mengatasi permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran karena dengan media berupa e-modul siswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara mandiri baik itu di sekolah maupun dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-modul yang valid, praktis dan efektif sesuai dengan kriteria kelayakan materi dan kelayakan media pada mata pelajaran IP AS kelas IV SD N 12 Koto Barn. J enis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian terdiri dari Analysis (Analisis ), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Validitas produk dilakukan oleh 4 orang yakni 2 orang validator media dan 2 orang validator materi,sedangkan jumlah subjek penelitian adalah 30 orang siswa kelas IV di SD N 12 Koto Barn. Instumen penelitian berupa angket dan format penilaian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Tahap pengembangan ADDIE yang pertama analisis yaitu melakukan analisis kebutuhan di SD 12 Koto Barn, selanjutnya tahap kedua design, yaitu membuat rancangan media e-modul yang akan dikembangkan berupa flowchart dan storyboard, tahapan ketiga yakni pengembangan dengan cara menguji validitas dari media yang dikembangkan. Berdasarkan hasil uji validitas produk pada aspek materi memperoleh skor rata-rata 4, 73 dan dikategorikan "Sangat Valid". Kemudian untuk aspek media memperoleh skor rata-rata 4,76 dengan kategori "Sangat Valid". Selanjutanya tahap keempat yakni implementasi, dilakukan uji kepraktisan/kemudahan dari media yang dikembangkan. Hasil uji praktikalitas e-modul memperoleh skor rata-rata 4, 73 dengan kategori "Sangat Praktis. Dan tahap kelima yakni evaluasi, dilakukan untuk mengetahui efektif atau tidak nya media yang dikembangkan. Adapun hasil uji efektivitas penggunaan e- modul memperoleh nilai rata-rata 84,35% dan presentase ketuntasan 90% dengan kategori "Sangat Efektif'. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan e-modul di mata pelajaran IPAS kelas IV SD menunjukkan bahwa pengembangan ini melalui lima langkah model pengembangan ADDIE. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah media e-modul pada mata pelajaran IP AS sudah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, UlfaUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorAnugrah, SeptriyanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 00:56
Last Modified: 23 Jan 2024 00:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49888

Actions (login required)

View Item View Item