Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Pelajaran IPA Studi Kasus Kelas VII di MTsN 3 Kerinci.

Anita, Desvia (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Pelajaran IPA Studi Kasus Kelas VII di MTsN 3 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_DESVIA_ANITA_19004006_6305_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran memang penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, oleh karena itu perlunya guru menentukan strategi yang cocok dalam proses pembelajaran supaya tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam mata pelajaran IPA proses belajar banyak mengamati dan cenderung siswa dituntut lebih aktif oleh sebab itu pembelajaran inkuiri cocok diterapkan pada pembelajaran IPA. Maka fokus penelitian ini adalah, "Penerapan strategi pembelajaran inkuiri dalam mata pelajaran IPA studi kasus kelas VII di MTsN 3 Kerinci. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran inkuiri oleh guru dalam Mata Pelajaran IPA di kelas VII MTsN 3 Kerinci dan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran IPA dalam menerapkan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA kelas VII MTsN 3 Kerinci. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif, dengan menggunakan instrumen panduan observasi dan instrumen panduan wawancara. Penelitian ini juga tergolong deskriptif yang berupaya menggambarkan suatu fenomena yang ada dengan jalan memaparkan data secara kata-kata dan gambar. Teknik analisis data dan impretasi data dalam penelitian ini yang pertama adalah analisis kualitatif, kedua menggunakan analisis deskriptif, ketiga menggunakan triangulasi data dan menggunakan interpretasi hasil. Hasil penelitian dalam observasi siswa menunjukkan tingkat motivasi belajar yang rendah dan memiliki pemahaman konsep yang terbatas. Pada akhir penelitian, siswa mulai menunjukkan rasa ingin tahu yang lebih besar, keterampilan mengajukan pertanyaan yang baik, kemampuan mengamati fenomena alam, serta mampu mengaitkan konsep-konsep IPA dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa 1) deskripsi penerapan SPI peneliti melihat adanya orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan dalam pembelajaran. 2) kendala-kendala penerapan SPI. Saran 1) Guru perlu memperhatikan keterampilan dan pengetahuan awal siswa, 2) Guru dapat mencari solusi kreatif seperti menggunakan sumber daya altematif. 3) Guru perlu merencanakan dengan cermat waktu yang tersedia, 4) Pihak sekolah dapat menyediakan sumber daya dan fasilitas yang mendukung pelaksanaan strategi inkuiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorAmilia, WinandaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Jan 2024 00:56
Last Modified: 23 Jan 2024 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49887

Actions (login required)

View Item View Item