Lorenza, Claudia
(2023)
Pengaruh Penerapan Model Flipped Classroom Berbasis Video Pembelajaran Terhadap Basil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Pertiwi 2 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran yang dilakukan di SMP Pertiwi 2 Padang, ditemui permasalahan seperti hasil belajar yang masih rendah atau masih dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditentukan ialah
77. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian penerapan model Flipped Classroom saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Flipped Classroom terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Pertiwi 2 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Quasy Eksperiment. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling, dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII. I dan kelas VIII.2 kelas VIII. I dijadikan kelas kontrol dan kelas VIII.2 dijadikan kelas eksperimen yang masing masing kelas terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal objektif sebanyak 25 butir yang telah diuji validitas , kemudian data hasil yang diperoleh dianalis dengan menggunakan ujit.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan nilai ratarata kelas eksperimen ialah 77,6 sedangkan nilai ratarata kelas kontrol ialah 63,55. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel ialah 3, 521 > 2,086 berarti terdapat perbedaan nilai hasil belajar yang signifikan pada taraf signifikan D0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Flipped Classroom berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Pertiwi 2 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |