Peran Guru dalam Pengembangan Bakat Anak Tunarungu di Bidang Kriya Kayu di SLB Fisabilillah.

Putri, Rola Mai (2023) Peran Guru dalam Pengembangan Bakat Anak Tunarungu di Bidang Kriya Kayu di SLB Fisabilillah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ROLA_MAI_PUTRI_19003098_6546_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran yang dilakukan oleh guru di SLB Fisabilillah dalam pengembangan bakat kriya kayu pada anak tunarungu yang berfokus pada peran guru, kendala yang dihadapi, dan cara mengatasi kendala dalam pengembangan minat kriya kayu pada ank tunarungu. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru keterampilan, serta informan pendukung dalam penelitian ini kepala sekolah dan pelatih kriya kayu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Peneliti melihat observasi langsung guru melatih anak lathan kriya kayu di lapangan sekolah. Kegiatan wawancara dilakukan di ruangan guru, ruangan kepala sekolah serta dirumah pelatih kriya kayu. Dokumentasi dalam penelitan ini peneliti memasukan hasil kriya anak serta dokumentasi hasil prestasi anak. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa guru melakukan identifikasi secara informal tanpa instrument yang baku dengan melihat peluang ditambah dengan potensi yang besar. Pemanduan minat dengan membuat program, jadwal, ketersediaan fasilitas untuk kriya kayu dan pelatih kriya kayu. Dalam melaksanakan proses pengembangan minat kriya kayu guru menggunakan metode ceramah, video ajar seta latihan. Guru mengalami kendala berupa kurangnya pengetahuan guru dibidang kriya kayu, sarana dan prasana yang masih kurang, kurangnya dukungan dari orang tua serta mood anak yang sering berubah. Namun guru dapat mengatasi kendala tersebut dengan memberikan motivasi serta perhatian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:11
Last Modified: 22 Jan 2024 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49866

Actions (login required)

View Item View Item