Pengaruh Latihan Imagery dan Keyakinan Diri terhadap Hasil Shooting Futsal pada Siswa Ekstrakurikuler SMA Negeri di Kota Bengkulu

Febrinaldo, Angga (2023) Pengaruh Latihan Imagery dan Keyakinan Diri terhadap Hasil Shooting Futsal pada Siswa Ekstrakurikuler SMA Negeri di Kota Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ANGGA_FEBRINALDO_21199067_2553_2023.pdf

Download (964kB) | Preview

Abstract

Masalah dari penelitian ini kurangnya akurasi shooting futsal pada ekstrakulikuler SMA Negeri di Kota Bengkulu disebabkan kurang baiknya nya mental pemain dan tidak ada nya model latihan mental pada ekstrakulikuler SMA Negeri di Kota Bengkulu . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:(I) Pengaruh antara latihan eksternal imagery dengan latihan internal imagery terhadap hasil shooting futsal pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri di Kota Bengkulu, (2) Pengaruh antara keyakinan diri tinggi dengan keyakinan diri rendah terhadap hasil shooting futsal pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri di Kota Bengkulu, dan (3) interaksi antara latihan imagery dan keyakinan diri terhadap hasil shooting futsal pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri di Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling yang berjumlah tiga sekolah yaitu SMAN 7 Bengkulu, SMAN 10 Bengkulu, SMAN 11 Bengkulu dengan jumlah total peserta ekstrakurikuler futsal sebanyak 40 orang siswa. Instrumen mengukur tingkat keyakinan diri menggunakan angket keyakinan diri dan hasil tes ketepatan shootingpenalty kick dengan menggunakan shootingpenalty Kick test dari Brace. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis of variance (ANOVA) dua jalur pada taraf signifikan a =0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Pengaruh latihan imagery eksternal lebih baik dibandingkan dengan latihan imagery internal terhadap kemampuan hasil shooting pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal, yang terbukti dari nilai sig = 0,001 < 0,05. Latihan eksternal imagery memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil shooting futsal pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri di Kota Bengkulu, (2) Pengaruh keyakinan diri tinggi lebih baik dibandingkan dengan keyakinan diri rendah terhadap kemampuan hasil shooting pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal, yang terbukti dari nilai sig = 0,001 < 0,05. Peserta yang memiliki keyakinan diri tinggi memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada peserta yang memiliki keyakinan diri rendah hasil shooting futsal pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri di Kota Bengkulu, (3) Tidak terdapat interaksi antara latihan imagery dan keyakinan diri terhadap hasil kemampuan shooting ekstrakurikuler futsal., yang terbukti dari nilai sig = 0,591 > 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWelis, WildaUNSPECIFIED
CorrectorDonie, DonieUNSPECIFIED
CorrectorIhsan, NuriulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LATIHAN IMAGERY DAN KEYAKINAN DIRI, HASIL SHOOTING FUTSAL
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:56
Last Modified: 22 Jan 2024 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49859

Actions (login required)

View Item View Item