Pengaruh Ukuran Titanium Dioxide (TiO2) Terhadap Aktivitas Fotokatalitik, Absorbansi dan Reflektansi pada Physical Sunscreen

Syuriyani, Mira (2023) Pengaruh Ukuran Titanium Dioxide (TiO2) Terhadap Aktivitas Fotokatalitik, Absorbansi dan Reflektansi pada Physical Sunscreen. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_6_MIRA_SYURIYANI_19034022_7245_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Paparan dari sinar UV dapat menyebabkan berbagai gangguan pada kulit seperti kemerahan hingga kangker kulit. Physical sunscreen lebih direkomendasikan oleh Food Drug Adminitration (FDA) dalam melindungi kulit dari UV A dan UV B. Salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan physical sunscreen adalah TiO2. Bahan TiO2 dipilih sebagai bahan dasar physical sunscreen karena memiliki potensi terbaik diantara bahan anorganik lainnya, seperti stabilitas kimia yang sangat baik, namun memiliki aktivitas fotokatalitik yang tinggi. Aktivitas fotokatalitik yang terlalu tinggi dapat menimbulkan terjadinya pembentukan radikal bebas (reactive oxygen species/ROS) yang banyak sehingga dapat merusak DNA. Salah satu cara untuk melemahkan aktivitas tersebut adalah dengan merekayasa ukuran TiO2 itu sendiri. Penelitian dilakukan dengan memilling sampel TiO2 dalam beberapa variasi, kemudian menguji dibawah sinar UV untuk melihat degradasi sampel. Selain itu, tiap variasi sampel yang telah dimilling juga diolah menjadi physical sunscreen dengan perlakuan yang sama. Tiap sampel sunscreen tersebut diuji dengan Spektrofotometer UV-VIS untuk melihat tingkat absopsi dan reflektansinya. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa sunscreen dengan variasi milling 2 jam memiliki ukuran kristal trekecil, yakni 18,121 nm dan ukuran partikel terkecil yakni 42,692 nm. Ukuran ini memiliki aktivitas fotokatalitik yang rendah, yakni 4,3% pada memit ke 60. Aktivitas fotokatalitik tertinggi terjaadi pada sampel 4, yakni 152,9% pada menit ke 60. Selain itu untuk pengujian krim sunscreen, sampel 3 dengan ukuran partikel 51,640 nm, memiliki tingkat absorbansi dan reflektansi terbaik. Sehingga dapat dikatakan ukuran partikel TiO2 berpengaruh terhadap aktivitas fotokatalitik, absorbansi dan reflektansi physical sunscreen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJonuarti, RiriUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FOTOKATALITIK, REFLEKTANSI, PHYSICAL SUNSCREEN
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:55
Last Modified: 22 Jan 2024 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49856

Actions (login required)

View Item View Item