Efektifitas Teknik Modeling untuk Meningkatkan Keterampilan Makan Menggunakan Sendok bagi Peserta Didik Down Syndrome di SLBN 2 Padang (Single Subject Research Kelas VI/CI di SLBN 2 Padang).

Hidayah, Nur (2023) Efektifitas Teknik Modeling untuk Meningkatkan Keterampilan Makan Menggunakan Sendok bagi Peserta Didik Down Syndrome di SLBN 2 Padang (Single Subject Research Kelas VI/CI di SLBN 2 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NUR_HIDAYAH_19003087_8115_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu peneliti menemukan salah satu peserta didik down syndrome di kelas VI/C 1 berinisial AMS yang berusia 22 tahun di SLBN 2 Padang. AMS belum mampu makan menggunakan sendok dengan baik dan benar ditunjukkan dengan basil keterampilan makannya yang masih belum mampu melaksanakan kegiatan makan menggunakan sendok dengan baik dan benar. Tujuan penelitian didasarkan oleh latar belakang tersebut yaitu untuk mengetahui efektifitas teknik modeling untuk meningkatkan keterampilan makan menggunakan sendok bagi peserta didik down syndrome. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk sekolah agar dapat digunakan sebagai strategi pada pembelajaran keterampilan makan. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen dengan SSR dan menggunakan desain A-B. Kondisi baseline (A) merupakan kemampuan awal subjek. Sedangkan kondisi intervensi (B) merupakan kemampuan subjek selama diberikan perlakuan. Adapun data yang diperoleh pada kondisi baseline (A) yaitu 28,57%, 28,57%, 28,57%. Selanjutnya, data yang diperoleh pada kondisi intervensi (B) yaitu 78,57%, 85,71%, 89,28%, 89,28%, 92,85%, 92,85%, 96,42%. Berdasarkan basil analisis data didapatkan basil bahwa penelitian ini membuktikan teknik modeling efektif untuk meningkatkan keterampilan makan menggunakan sendok bagi peserta didik down syndrome.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorRahmahtrisilvia, RahmahtrisilviaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:53
Last Modified: 22 Jan 2024 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49850

Actions (login required)

View Item View Item