Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa.

Harahap, Sari (2023) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SARI_HARAHAP_21151026_3812_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan penguasaan konten menggunakan metode problem based learning untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 27 Padang dan subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian digunakan dengan model skala likert, kemudian data dianalisis dengan menggunakan wilcoxon signed ranks test dan kolmogorov-smirnov two independent sampel dengan bantuan SPSS versi 25.00. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa, (1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan belajar siswa pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten menggunakan metode problem based learning, (2) terdapat perbedaan keterampilan belajar siswa pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten tanpa menggunakan metode problem based learning, dan (3) terdapat perbedaan keterampilan belajar siswa pada kelompok eksperimen yang diberikan layanan penguasaan konten menggunakan metode problem based learning dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan penguasaan konten menggunakan metode diskusi. Perbedaan dapat dilihat dari hasil posttest kelompok eksperimen yang lebih tinggi dari pada hasil posttest kelompok kontrol. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten menggunakan metode problem based learning lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN BELAJAR, LAYANAN PENGUASAAN KONTEN, PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:53
Last Modified: 22 Jan 2024 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49848

Actions (login required)

View Item View Item