Meningkatkan Kemampuan Teknik Smash Dalam Permainan Badminton Pada Anak Tunarungu Melalui Metode Guided Discovery

Fitri, Nabila Alya (2023) Meningkatkan Kemampuan Teknik Smash Dalam Permainan Badminton Pada Anak Tunarungu Melalui Metode Guided Discovery. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NABILA_ALYA_FITRI_19003173_9285_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh dua orang siswa yang belum memahami teknik smash pada permainan badminton. Berdasarkan basil pengamatan yang telah dilakukan terlihat siswa tersebut memiliki minat dan bakat pada olahraga badminton. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan kemampuan teknik smash menggunakan metode guided discovery bagi anak tunarungu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data data yang dilakukan yaitu: observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran teknik smash pada permainan badminton bagi anak tunarungu kelas VIII dilakukan dengan menggunakan metode guided discovery meningkat. Setelah diberikan tindakan R mendapatkan persentase 86,11 %, sebelum diberikan tindakan 19,44% dan N mendapatkan persentase 72,22% sebelum diberi tindakan 16,67%. Maka dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian pada penelitian ini tercapai, dengan kesimpulan metode guided discovery dapat meningkatkan kemampuan teknik smash dalam permainan badminton pada anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:11
Last Modified: 22 Jan 2024 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49847

Actions (login required)

View Item View Item